Selasa, 06 Desember 2011
KRIPIK PEDAS BAWA REJEKI, bikin bibir panas...
23.05 |
Diposting oleh
Dwi Praja Anggrayeni |
Edit Entri
Siapa yang nggak ngerti jika ada yang mengatakan Kripik Maicih. Kebanyakan orang apalagi mahasiswa pasti ikut angkat bicara. “pedas”, iu yang pasti keluar dari mulut mereka. Memang kripik ini sangat digemari oleh para mahasiswa. Karena rasa pedas yang menantang, dan ada tingkatan pedasnya. Dari yang non level hingga level yang tinggi. Sudah terbayangkan bukan bagaimana pedasnya.
Selama ini pemasaran keripik pedas biasanya dititipkan di warung atau dijual secara eceran. Tapi sekarang, keripik pedas bisa jauh menjangkau kalangan lebih atas.
Setiap pagi, informasi lokasi penjualan keripik pedas Ma Icih melalui jejaring sosial Twitter atau Facebook. Misalnya, pada hari tertentu, ia mentweet status bahwa penjualan Ma Icih dilakukan di Dago, berarti pembeli harus datang ke Dago. Keesokan harinya, spot penjualan akan dilakukan di tempat berbeda. Biasanya mereka berjualan dengan menggunakan mobil atau bekerja sama dengan kafe tertentu. Sistem pemasaran seperti ini membuat keripik Ma Icih menjadi eksklusif karena tidak dijual secara bebas. Tidak heran jika tiap harinya, spot penjualan Ma Icih selalu dipenuhi oleh para icihers (sebutan untuk penyuka keripik Ma Icih). Mereka juga rela mengantre demi mendapatkan keripik tersebut. Keripik Ma Icih juga bisa sukses karena bantuan promosi dari mulut ke mulut para pembelinya.
"Sistem pemasaran seperti ini tidak akan saya ubah. Walaupun banyak keripik pedas lain, tapi Ma Icih sudah jadi trade mark Kota Bandung. Kalau saya simpan di toko-toko, jangka panjangnya, terlalu riskan. Kalau dengan begini, keripik Ma Icih jadi eksklusif dan bikin pembeli penasaran, " kata Reza, Presiden Manajemen Ma Icih, ketika ditemui Tribun, saat launching produk terbaru Ma Icih di Braga Kafe, Jalan Braga depan kantor bjb, Sabtu (12/3) lalu.
Saat launching tersebut, antrean pembeli mengular hingga keluar kafe. Para peminat Ma Icih sudah antre sejak pukul 17.00, padahal pemesanan baru dibuka pukul 18.00. Para pembeli dibatasi maksimal tiga bungkus untuk semua varian. Dalam kantung kresek yang dibawa para pembeli tersebut tertulis "I'm the lucky who got this thing".
Selain sistem pemasarannya yang unik dan peran serta situs jejaring sosial, Reza mengatakan
Reza dan timnya bisa menjual lebih dari 2.000 bungkus per hari. Dengan harga kisaran antara Rp 11.000-Rp 16.000 untuk segala varian, yakni keripik singkong pedas, baso goreng (basreng), dan kerupuk lada gurilem, Reza bisa mengantungi omset sekitar Rp 22 juta per hari. Manajemen juga sengaja membatasi jumlah maksimal pembelian keripik kepada pembeli karena keterbatasan kapasitas produksi.
Yang membuat keripik Ma Icih digemari, tentu karena rasa pedasnya itu. Sebagian menyebutknya keripik setan karena saking pedasnya. Keripik Ma Icih terdiri dari berbagai varian dan berbagai tingkat pedas. Untuk keripik singkong, ada tiga tingkat pedas, yakni level tiga, lima, dan sepuluh. Sedangkan untuk basreng, dan kerupuk gurilem, hanya ada satu tingkatan.
Untuk memasarkan keripik Ma Icih, ia dibantu oleh rekanrekannya. Sampai saat ini, ia sudah memiliki lebih dari 20 jenderal (sebutan untuk pegawai Ma Icih) yang tersebar di berbagai kawasan di Bandung. Selain itu, ia juga menjual produknya di Jakarta, Yogyakarta, Bekasi, di daerah sekitar Jawa Barat, dan beberapa kota lain di Indonesia.
Ia menuturkan kesuksesan Ma Icih bermula dari pertemuannya dengan seorang nenek tua tiga tahun silam. Nenek tua ini mengetahui bagaimana resep pembuatan keripik pedas. Dari situlah, otak bisnis Reza muncul. Ia kemudian mengambil alih manajerial Ma Icih dan mulai menjalankan bisnisnya dengan strategi pemasaran tersebut. Namun Reza belum mau memunculkan sosok nenek tersebut ke publik.
Dari hasil penjualan Ma Icih, lelaki berusia 23 tahun ini bisa membiayai kuliahnya sendiri. Saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Manajemen di Univeristas Kristen Maranatha Bandung.
Setiap pagi, informasi lokasi penjualan keripik pedas Ma Icih melalui jejaring sosial Twitter atau Facebook. Misalnya, pada hari tertentu, ia mentweet status bahwa penjualan Ma Icih dilakukan di Dago, berarti pembeli harus datang ke Dago. Keesokan harinya, spot penjualan akan dilakukan di tempat berbeda. Biasanya mereka berjualan dengan menggunakan mobil atau bekerja sama dengan kafe tertentu. Sistem pemasaran seperti ini membuat keripik Ma Icih menjadi eksklusif karena tidak dijual secara bebas. Tidak heran jika tiap harinya, spot penjualan Ma Icih selalu dipenuhi oleh para icihers (sebutan untuk penyuka keripik Ma Icih). Mereka juga rela mengantre demi mendapatkan keripik tersebut. Keripik Ma Icih juga bisa sukses karena bantuan promosi dari mulut ke mulut para pembelinya.
"Sistem pemasaran seperti ini tidak akan saya ubah. Walaupun banyak keripik pedas lain, tapi Ma Icih sudah jadi trade mark Kota Bandung. Kalau saya simpan di toko-toko, jangka panjangnya, terlalu riskan. Kalau dengan begini, keripik Ma Icih jadi eksklusif dan bikin pembeli penasaran, " kata Reza, Presiden Manajemen Ma Icih, ketika ditemui Tribun, saat launching produk terbaru Ma Icih di Braga Kafe, Jalan Braga depan kantor bjb, Sabtu (12/3) lalu.
Saat launching tersebut, antrean pembeli mengular hingga keluar kafe. Para peminat Ma Icih sudah antre sejak pukul 17.00, padahal pemesanan baru dibuka pukul 18.00. Para pembeli dibatasi maksimal tiga bungkus untuk semua varian. Dalam kantung kresek yang dibawa para pembeli tersebut tertulis "I'm the lucky who got this thing".
Selain sistem pemasarannya yang unik dan peran serta situs jejaring sosial, Reza mengatakan
Reza dan timnya bisa menjual lebih dari 2.000 bungkus per hari. Dengan harga kisaran antara Rp 11.000-Rp 16.000 untuk segala varian, yakni keripik singkong pedas, baso goreng (basreng), dan kerupuk lada gurilem, Reza bisa mengantungi omset sekitar Rp 22 juta per hari. Manajemen juga sengaja membatasi jumlah maksimal pembelian keripik kepada pembeli karena keterbatasan kapasitas produksi.
Yang membuat keripik Ma Icih digemari, tentu karena rasa pedasnya itu. Sebagian menyebutknya keripik setan karena saking pedasnya. Keripik Ma Icih terdiri dari berbagai varian dan berbagai tingkat pedas. Untuk keripik singkong, ada tiga tingkat pedas, yakni level tiga, lima, dan sepuluh. Sedangkan untuk basreng, dan kerupuk gurilem, hanya ada satu tingkatan.
Untuk memasarkan keripik Ma Icih, ia dibantu oleh rekanrekannya. Sampai saat ini, ia sudah memiliki lebih dari 20 jenderal (sebutan untuk pegawai Ma Icih) yang tersebar di berbagai kawasan di Bandung. Selain itu, ia juga menjual produknya di Jakarta, Yogyakarta, Bekasi, di daerah sekitar Jawa Barat, dan beberapa kota lain di Indonesia.
Ia menuturkan kesuksesan Ma Icih bermula dari pertemuannya dengan seorang nenek tua tiga tahun silam. Nenek tua ini mengetahui bagaimana resep pembuatan keripik pedas. Dari situlah, otak bisnis Reza muncul. Ia kemudian mengambil alih manajerial Ma Icih dan mulai menjalankan bisnisnya dengan strategi pemasaran tersebut. Namun Reza belum mau memunculkan sosok nenek tersebut ke publik.
Dari hasil penjualan Ma Icih, lelaki berusia 23 tahun ini bisa membiayai kuliahnya sendiri. Saat ini ia tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Manajemen di Univeristas Kristen Maranatha Bandung.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Mata Kuliah
About Me
Welcome
Hai guys..this is my blog,come join with my blog and see my posting...
Total Tayangan Halaman
Diberdayakan oleh Blogger.
Pengikut
Lencana Facebook
what time ??
Blog Archive
-
▼
2011
(40)
-
▼
Desember
(35)
- Semrawutnya Kinerja PSSI
- Lunturnya Patriotisme Pemuda Indonesia
- Tren Behel, untuk Bergaya
- Wanita Bukan “Racun Dunia”
- Peran Televisi Terhadap Generasi Bangsa
- SINDROM BLACKBERRY
- Perawatan Softlens, Itu Perlu
- Permainan Beras Waktu
- Image and Character Building
- Sampah Punya Nilai Jual
- Film Twilight Saga
- Film 17 AGAIN
- Beckham ke Indonesia
- Museum Wayang Jakarta
- High School Musical 3, Senior Year
- Empati sosial “Liponsos Keputih”
- Burung Surga Tak Berkaki
- Cerita Lucu, Tiga manfaat rokok
- Di Balik Rasa Pahitnya PARE..
- SURAT KECIL UNTUK TUHAN
- LKMM PRA TD (PERSEPSI)
- CATATAN AKHIR SEKOLAH, FILM TELADAN
- MACET, Menjadi Makanan Sehari-hari Warga Surabaya
- The Tielman Brothers, Band Rock n Roll pertama di ...
- Demam BB, "Menduniakan" JAKARTA
- KRIPIK PEDAS BAWA REJEKI, bikin bibir panas...
- TRANS STUDIO BANDUNG tak kalah dengan UNIVERSAL ST...
- Novel Laskar Pelangi
- Buah yang di Anggap Sepele, Ternyata Menyehatkan..
- Bahasa Jawa adalah Bahasa Terlengkap Di dunia
- PATRIOT
- Derita Anak Jalanan
- Andai Aku Jadi Presiden
- Kampus Idaman? Sistem Informasi ITS Juaranyaa..
- Disney Land
-
▼
Desember
(35)
2 komentar:
Ayo nggi mkan maicih level 10 hahaha
hmm.. makasi dee..
gag nahan pedesnyaa.. hehehe
Posting Komentar